Rabu, 31 Oktober 2012

PETUALANGAN DI GUNUNG MERBABU



Untuk kita yang tentunya mempunyai jiwa petualang , pasti sangat tertarik jika melihat berbagai gambar alam yang sangat menarik serta sangat memicu tantangan tersendiri untuk kita . Saya , Maria Mardani adalah seorang yang sangat menyukai petualangan . Gunung maupun laut , saya sangat suka . kali ini , saya ingin menunjukkan beberapa gambar petualangan saya bersama teman-teman saya di Gunung Merbabu , yang kebetulan kakek san nenek kami tinggal di kaki merbabu . cekidottt..... 


Foto ini terambil sekitar 2 tahun yang lalu , ketika saya dan teman saya mendaki bukit MONGKRONG yang merupakan bukit di Gunung Merbabu . 


Foto ini merupakan foto saat libur lebaran tahun 2012 . Saya bersama adik dan teman saya mendaki bukit MONGKRONG DI LERENG merbabu pada sekitar HUT RI . Kami membawaBendera Merah Putih ketika mendaki bukit tersebut .

PENDAKIAN KE MERBABU
                                                               
Gunung merbabu memiliki ketinggian sekitar 3120 meter dari permukaan laut.sarip ; puncak tertinggi .
Pendakian ke puncak Gunung Merbabu  bisa melewati Pos kopeng . Apabila  perjalanan dari Kopeng ke Puncak Gunung Merbabu masih melalui beberapa pedesaan , antara lain di lereng merbabu utara yaitu Desa/Kampung SELO , kemudian Desa Nglelo , Desa Ngaduman , dan yang terakhir adalah Desa Gedong. Dari beberapa pedesaan tersebut , jika kita akan ke Puncak Merbabu maka kita akan melewati hutan terlebih dahulu. Perjalanan kurang lebih dari desa Gedong kita menempuh 1 jam perjalanan jalan kaki . ketika kita berjalan naik , maka kita akan menemui jalan yang amat datar, kira-kira jangkauan jalan kaki 15 menit lamanya . Di jaln yang lapang itu kita bertemu dengan lalat besar warna hijau , yang berada di kanan dan kiri jalan yang dapat mengganggu perjalanan kita dan sebaiknya kita menghindari jangan sampai tergigit oleh bintang lalat itu .Kita terus berjalan kurang lebih 1 jam lagi ke atas  kita akan bertemu dengan sebuah tempat peristirahatan yang namanya BATU TULIS. Dari Batu Tulis terdapat lahan yang datar  kurang lebih keliling setengah kilomter . BATU TULIS merupakan tempat orang beristirahat melepaskan lelah ketika mendaki Puncak Gunung Merbabu melalui jalur Kopeng .Di Batu tulis terdapat batu yang sanagat besar dan batu itu biasanya di beri pertanda oleh para pendaki , pertanda itu bisa nama , alamat si pendaki dan juga simbol-simbol lain  . Kemudian dari Batu Tulis tersebut kita sudah bisa melihat beberapa kawah yang masih hidup , antara lain Kawah Bancen (yang rupa airnya mengalir hijau seperti kotoran sapi) dan pmndngan yang  lain sudah bisa kita lihat dengan jelas .Kita melanjutkan perjalanan pendakian ke atas lagi kurang lebih ¾ jam jalan kaki.Dari Batu Tulis kita bertemu dengan perbukitan , dan di prbukitan tersebut terdapat kawah SAMBER NYAWA .Dari kawah Samber Nyawa tersebut, terdapat mata air yang sangat jernih dan biasanya satwa-satwa  atau brung-burung bertiup ke atas untuk minum disitu, termasuk hewan-hewan seperti Kijang dan jenis lainnya .Dari kawah Samber Nyawa kita menuju ke kawah KOMBANG ,juga terletak di perbukitan(perjalanan setengah jam dari kawah Samber Nyawa ke kawah Kombang .Kawah Kombang yang terletak di perbukitan itu bersuara mendengung seperti Kumbang terbang .Di puncak Merbabu kawah yang terbesar adalah kawah Candradimuka .Kawah tersebut masih aktif sampai sekarang.Dari  air yang terdapat  di dalam kawah air yg mnddih , airnya mnglir k bwh dan mjd blerang . di tmpat tsb para pndki brkmpul mjd 1 d tpian kwah candradimuka dan melaksanakan upacara ritual mnurut kpercyaan msing2 . dr pnck kwh candradimuka kita mnju k pncak yg trtnggi nma.a pnck sarip ktinggian.a 3120 m . d tmpt tsb trdpt lahan yg sgt daatar dan d bri rmh sbg peristiraqhatan dgn atap seng dan tiang2 besi yg d buat pd jman pnjjhan blnda dlu . dr pnck sarip tsb , kita bs mnyksikan keindahan alam dan kita bs mlihat kota2 yg trlhat dkat , a.l maglang , sl3 , smg , plbhan smg dan keindahan2 menepulnya uang gunung mrapi yg indah
Kendala dr batu tulis yaitu kabut hitam pekat , yg shrusnya tdk boleh mlnjutkn perjlnan .
Dr puncak sarip , kita bs mnhtung puncak2 kcil d g.merbabu yg jmlah.a ada 9  yaitu : pncak mochtar (krn gub. Smg prnh ksna ) , pringgondani , pragadewa, pragadalem , kombang , sarip  , bancen , sambernyawa , telatar .
Pnglman yg ada d mrbbu sbnrnya dsna msh ada hwn yg gnas yaitu macan harimau msh sring ktmu , bs d buktikan , msh sringnya trnya . dpty harimau dr gnung trun k pdsaan untuk mcr mangsa biasanya kambing , bias prkmpungan yg mnmpel gnung diatas.  Jd prjlanan naik k atas dr kopeng prjlnan krg lbh 5 jam naiknya , ttpi klau trun dr puncak k kopeng 3 jam  krna jln.a lurus  .
Kesan2 dr prjlnan naimk trun :  
.Sgt mnyngkan bhwa d htan g,merbabu sdh tdk trdpt pohon2 yg bsr , hny ada  tmbuhan yg msih kcil2 .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar